Tonjolkan Budaya Batak, Merdi Sihombing Hadirkan Ulos Sitolu Huta dalam Paypal Melbourne Fashion Festival 2023

- 22 Maret 2023, 11:24 WIB
Global Indigenous Runway 2023, pagelaran fesyen independen yang merupakan bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023 pada Sabtu 11 Maret 2023 lalu.
Global Indigenous Runway 2023, pagelaran fesyen independen yang merupakan bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023 pada Sabtu 11 Maret 2023 lalu. /Istimewa

KORAN PR - Merdi Sihombing, dengan didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, bersama desainer lain dari berbagai belahan dunia, menampilkan karya terbaru yang diangkat dari kekayaan budaya Indonesia.

Kali ini ia menonjolkan budaya Batak dengan koleksi Ulos Sitolu Huta, dalam Global Indigenous Runway 2023, pagelaran fesyen independen yang merupakan bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023 pada Sabtu 11 Maret 2023 lalu.

Melalui koleksi Ulos Sitolu Huta, Merdi kembali menampilkan inovasi yang menakjubkan dari sebuah proses tenun konvensional menjadi desain fesyen modern yang menggabungkan pola ulos tradisional yang unik dan pewarnaan alam dengan pemikiran gaya hidup kekinian.

Baca Juga: Pikat Perhatian Konsumen, Prospek Produk Fesyen Muslim Asal Kota Bandung Makin Cerah

Koleksi Ulos Sitolu Huta Merdi, terasa segar dan dinamis, menampilkan koleksi lengkap mulai dari busana untuk acara santai sampai dengan busana kerja formal. Koleksi Ulos Sitolu Huta ini tidak hanya menawarkan konsep yang baru, tetapi juga ringan, dan yang terpenting dapat digunakan oleh semua generasi di berbagai kesempatan.

“Ulos merupakan lambang keberkahan, kasih sayang, dan persatuan, sesuai dengan peribahasa Batak, ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot ni holong, yang artinya jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batang, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama," kata Merdi Sihombing dalam siaran pers, Rabu 22 Maret 2023.

Global Indigenous Runway memperingati tahun kesepuluhnya sebagai bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023 di Mt Duneed Estate di Waurn Ponds, Melbourne, Australia.

FedyBaca Juga: Dosen IPB University Olah Limbah Tandan Sawit Jadi Bahan Baku Fesyen

Sembilan desainer Bangsa Pertama dari Australia dan seluruh dunia ditampilkan pada runway. Ini adalah acara unik, penggabungan musik, tarian, dan cerita dari First Nation (Suku Bangsa Pertama) dengan fesyen.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x