Serah Terima Rumah Bambu Plester

- 23 Maret 2023, 20:17 WIB
Ilustrasi rumah bambu plester.
Ilustrasi rumah bambu plester. /desainbambu




KOMISARIAT Ikatan Alumni ITB {IA ITB) angkatan 97 "Syner97" yang diprakarsai oleh Tim Pembangunan Rumah Bambu Plester (Mabuter) telah berhasil membangun rumah bambu plester  yang akan diserahterimakan kepada pemiliknya pada 19 Maret 2023 lalu.

Rumah Bambu Plester dikerjakan dengan teknologi sederhana sehingga mudah  dikerjakan dengan melibatkan masyarakat lokal. Warga terlibat langsung dalam proses pembuatan Rumah Bambu Plester ini, seperti pembuatan anyaman bambu, balok dan kolom bambu yang dijadikan rangka utama dalam model rumah bambu plester ini.  

Rumah Bambu Plester merupakan konsep rumah murah dan terjangkau. Bambu digunakan sebagai dinding dan rangka bangunan. Dinding dan rangka bambu diplester sehingga lebih memiliki kekuatan dengan tampilan rumah tembok.

Pembangunan Rumah Bambu Plester ini terbilang cukup murah, untuk satu unit rumah tipe 40 memakan biaya hanya Rp 75 juta rupiah, dengan hitungan Rp. 1.875.000,  per meter persegi.

Rumah ini dipersembahkan untuk Abah Dimi, seorang warga korban gempa bumi Cianjur pada 21 November 2022 dengan kekuatan 5,6 SR telah meluluhlantakkan rumahnya hampir rata dengan tanah.

Rumah Bambu Plester adalah konsep bangunan rumah tinggal ramah lingkungan dan ramah terhadap bencana gempa. Material utama dinding, balok dan kolom  menggunakan bambu yang diplester, sehingga lebih lentur menghadapi goncangan. Rumah Bambu Plester ini cocok untuk kawasan rawan gempa seperti di Cianjur dan kawasan rawan gempa lainnya.

Ketua Pelaksana Tim Mabuter Akhmad Gunawan yang juga seorang Arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1997,  Rumah Bambu Plester pernah dibangun di Sukabumi untuk korban bencana gempa pada tahun 2000.
Sementara Ketua Komisariat Angkatan 1997 “Syner97” Andhy Widodo mengatakan, Rumah Bambu Plester ini diperuntukkan kepada Abah Dimi korban gempa bumi Cianjur 2022. Menurut Andhy, pembangunan Rumah Bambu Plester ini adalah momen kedua yang dibangun setelah yang pertama sudah dibangun untuk korban gempa Sukabumi pada tahun tahun 2000.

“Alhamdulillah sampai saat ini tegak berdiri dan dalam kondisi baik. Kami sampaikan terima kasih banyak kepada warga Kampung Sumur Sari Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur atas perkenan dan bantuannya selama perencanaan, survei dan konstruksi rumah bambu plester sampai dengan selesai tuntas,” ujar Andhy Widodo. ***

Editor: Huminca Sinaga


Tags

Terkini

x