Kemenhub: Masih Ada Memungkinan Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka Kembali

- 27 Maret 2023, 14:48 WIB
Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto saat Media Briefing di Kemenhub,  Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.
Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto saat Media Briefing di Kemenhub, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023. /Satrio Widianto

KORAN PR - Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto mengungkapkan, masih ada kemungkinan pendaftaran mudik gratis dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

"Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” tutur Suharto saat Media Briefing bertema Persiapan Angkutan Lebaran: Update Penyelenggaraan Program Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2023 di Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Dalam media briefing ini hadir juga sebagai nara sumber yaitu Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi, dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis dengan Kereta Api dan Kapal Laut Masih Tersedia, Yuk Buruan Daftar

Suharto mengimbau masyarakat yang telah mendaftar program mudik gratis dengan bus, untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan, maksimal 7 hari setelah pendaftaran. Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di 5 titik antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi.

Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Baca Juga: Langgar Tarif Batas Atas, Sejumlah Maskapai Kena Sanksi

Sementara itu, untuk program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api kuotanya masih tersedia. Program ini menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46.000 penumpang dan lebih dari 10.000 unit sepeda motor untuk arus mudik dan balik.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x