ASDP Tingkatkan Koordinasi untuk Kelancaran Arus Mudik dan Balik

- 31 Maret 2023, 19:19 WIB
Demi kelancaran arus mudik dan balik, Direksi ASDP Indonesia Ferry berkunjung ke Polda Lampung, Kamis (30/3/2023).***
Demi kelancaran arus mudik dan balik, Direksi ASDP Indonesia Ferry berkunjung ke Polda Lampung, Kamis (30/3/2023).*** /Istimewa

KORAN PR - Menjelang layanan Angkutan Lebaran pada bulan April, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder, termasuk pihak Kepolisian RI. Hal ini untuk menyukseskan kelancaran, keamanan, dan ketertiban layanan Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, koordinasi dan kolaborasi antarinstansi yang baik di lapangan, termasuk Kepolisian angat penting karena mudik adalah operasi kemanusiaan.

"ASDP telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi agar lalu lintas penyeberangan Merak-Bakauheni saat Angkutan Lebaran mendatang berjalan lancar, aman dan terkendali. Waktunya semakin mendekati bulan April, dan diperkirakan akan terjadi peningkatan pemudik dibandingkan tahun lalu," tutur Ira di sela kunjungan Direksi ASDP di Polda Lampung, Kamis 30 Maret 2023.

Pada Lebaran tahun lalu, di Pelabuhan Merak terjadi kepadatan kendaraan roda empat yang mencapai 37 ribu atau 30 persen lebih banyak dari masa lebaran tahun 2019 sebelum pandemi. Karenanya, penyeberangan Merak - Bakauheni yang menghubungkan Jawa-Sumatera menjadi jalur favorit bagi masyarakat untuk mudik dengan kapal ferry.

"Untuk arus balik Lebaran dari Sumatera menuju Jawa melalui Bakauheni diperkirakan juga akan mengalami peningkatan, dan hal ini juga telah didiskusikan terkait strategi-strategi yang akan dilakukan," ujar Ira lagi.

Ira menegaskan bahwa ASDP memastikan bahwa masyarakat terinformasi dengan baik terkait kebijakan tiket online dan sudah tidak ada lagi layanan go-show di pelabuhan. Pertama, tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan. Pengguna jasa bisa melakukan pembelian tiket via Aplikasi Ferizy khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan lintas Ketapang-Gilimanuk.

"Kedua, tiket bisa dipesan sejak H-60 keberangkatan. Kemudian ketiga, calon penumpang wajib bertiket setidaknya H-1 sebelum keberangkatan," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Lampung Akhmad Wiyagus mengatakan, pihaknya siap menjalankan amanah kemanusiaan dalam memberikan layanan Angkutan Lebaran, yang kerap menjadi perhatian tiap tahunnya, dimana terjadi pergerakan masyarakat dalam jumlah besar di waktu bersamaan.

"Tentunya kita harus bersinergi dan kolaborasi, meningkatkan komunikasi intens dengan seluruh jajaran termasuk dengan GM ASDP selaku operator pelabuhan dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan harus sama, dari atas ke bawah," ujar Kapolda.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Siaran Pers


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x