Siap-siap! Musim Mudik Lebaran 2023, Kemenhub Batasi Pergerakan Truk Tronton

- 27 Maret 2023, 12:29 WIB
ILUSTRASI truk tronton.*
ILUSTRASI truk tronton.* /PIXABAY/markusspiske

KORAN PR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan membatasi pergerakan truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan atau tronton selama mudik lebaran 2023. Hal tersebut guna menghindari hambatan di jalan tol maupun jalan arteri.

Pasalnya, tronton acapkali mengangkut barang yang banyak sehingga melaju dengan kecepatan rendah hingga 60 km per jam saja. Selain itu, tronton juga memiliki ukuran besar sehingga membuat jalanan sempit.

"Kami akan umumkan hari-hari apa saja yang tidak boleh (truk tronton) menggunakan jalan-jalan yang ditetapkan," kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto dalam media briefing, di Jakarta, Jumat 24 Maret 2023 lalu.

Baca Juga: Urai Kepadatan Saat Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan Disiapkan untuk Sepeda Motor dan Truk

Dia mengatakan, ada pengecualian untuk truk tronton yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM), hewan ternak, pupuk, hantaran uang, sayur-mayur, sepeda motor pemudik, hingga makan dan minuman. Meski begitu, dia belum merinci kapan dan di jalanan mana larangan itu diberlakukan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menggelar rapat koordinasi guna membahas langkah antisipasi terhadap lonjakan pergerakan kendaraan roda empat di masa mudik Lebaran tahun 2023 di jalur tol Jakarta ke arah Cikampek, Cipali, sampai ke Semarang, yang diprediksi meningkat dibandingkan masa mudik Lebaran tahun 2022 lalu.

"Persiapan kita lakukan sejak dini, sehingga kita bisa lebih siap dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," ujar Menhub.

Baca Juga: Berbahaya, Masyarakat Diminta Tak Ngabuburit di Sekitar Jalur Kereta Api

Menhub menjelaskan, dari total jumlah potensi pergerakan masyarakat di masa mudik Lebaran tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang. Pengguna kendaraan pribadi roda empat menjadi pilihan tertinggi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. Diprediksi jumlahnya mencapai 27,32 juta orang atau 22,7 persen dari total pergerakan.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x