24 BUMN Gelar Mudik Gratis untuk 65.603 Orang, Cek Cara dan Tanggal Keberangkatannya

- 15 Maret 2023, 05:55 WIB
DUA orang penumpang kereta api disambut oleh pramugari saat tiba di Stasiun Bandung, Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Selasa (27/3/2023).*
DUA orang penumpang kereta api disambut oleh pramugari saat tiba di Stasiun Bandung, Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Selasa (27/3/2023).* /DENI ARMANSYAH/KONTRIBUTOR “PR”

KORAN PR - Sebanyak 24 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini akan mengadakan angkutan mudik gratis untuk 65.603 orang. Kuota pemudik terbagi ke dalam berbagai moda transportasi yakni bus, kereta api dan kapal laut.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peserta program mudik gratis ini akan diberangkatkan dari berbagai titik, mulai dari terminal, stasiun hingga pelabuhan.

"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor ke moda transportasi umum, seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman," ujar Erick dalam keterangan di Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Erick mengatakan, program mudik bersama BUMN tahun ini dipimpin PT Jasa Raharja. Nantinya, armada bus dari Jakarta akan diberangkatkan dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 18 April.

Sementara itu, pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 15 April dan 16 April mendatang. Harapannya, mudik gratis ini bisa mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan para pemudik di jalan raya.

"Untuk mekanisme dan syarat pendaftaran akan kami sampaikan pada saat peluncuran program mudik bersama BUMN. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman bersama keluarga tercinta," tandas Erick.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga membuka layanan mudik gratis untuk libur Lebaran tahun 2023. Ada 24.000 kuota mudik gratis ke sejumlah wilayah di Sumatera-Jawa. Layanan mudik gratis ini dibuka mulai 13 Maret–14 April 2023, selama kuota masih tersedia.

Tata cara mengikuti program mudik gratis tersebut adalah proses awal adalah, pemudik diwajibkan untuk mengunduh aplikasi MitraDarat, baik melalui PlayStore atau App Store di ponselnya masing-masing. Setelah diunduh langsung tekan instruksi masuk atau login di aplikasi.

Calon pemudik selanjutnya diarahkan untuk memasukkan alamat email dan nomor telepon WhatsApp yang aktif. Nanti dari WhatsApp, akan dikirimkan kode one time password (OTP). Ketika login dinyatakan berhasil, pemudik selanjutnya akan langsung masuk beranda aplikasi MitraDarat.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Keterangan Pers


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x