6.000 Penerangan Jalan Umum Akan Dipasang di Kabupaten Bandung Barat

- 6 Maret 2023, 21:52 WIB

KORAN PR - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan merampungkan pemasangan 6.000 penerangan jalan umum (PJU). Digabungkan dengan tahun lalu, setidaknya akan terpasang 12.000 PJU di seluruh kecamatan di KBB.

 

“Program ‘Bandung Barat Caang’ ini merupakan program prioritas RPJMD, sehingga akan tetap dilaksanakan sesuai dengan program. Saya berharap, tahun ini 90% PJU dapat terpasang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Bandung Barat, Fauzan Azima, Senin, 6 Maret 2023.

Dikatakan Fauzan, 6.000 PJU yang akan dipasang tahun ini, untuk menerangi jalan-jalan dengan status jalan kabupaten. Setelah terpasang, akan kembali dilakukan pengecekan ulang terkait jalan-jalan mana saja yang perlu diprioritaskan. 

Lebih lanjut dikatakan Fauzan, saat ini, prioritas pemasangan PJU dilakukan di semua kecamatan, terutama untuk aksesibilitas destinasi wisata juga jalan-jalan yang rawan kecelakaan. Sebanyak 12.000 titik pemasangan PJU ini merupakan prioritas hasil dari keputusan sebelumnya. Namun, ia meyakini bahwa akan ada perubahan untuk tahun 2024. 

“Nantinya akan menyesuaikan mengingat akan ada perubahan status jalan,” ujarnya.

Disebutkan Fauzan, saat ini, telah banyak jalan desa yang berubah status menjadi jalan kabupaten. Demikian juga jalan kabupaten yang menjadi jalan provinsi. Hal itu akan berpengaruh terhadap jumlah kebutuhan PJU di Bandung Barat. 

Sementara itu, selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung Barat, pemenuhan ketersediaan PJU ini juga mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Di antaranya, sebanyak 1.000 PJU tenaga surya merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kemudian, terdapat bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk 3.000 titik PJU. 

“Ada juga kolaborasi dengan pihak-pihak lainnya untuk ketersediaan penerangan di Bandung Barat,” katanya.***

 
 

Editor: Eri Mulyani Mubarok


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x