1.200 Orang Ikut Pasanggiri Tarucing Cakra, TTS Berbahasa Sunda

- 22 Februari 2023, 13:58 WIB
SISWA mengerjakan soal teka-teki silang (TTS) berbahasa Sunda dalam acara "Pasanggiri Tarucing Cakra" yang diadakan yang diadakan Pusat Digitalisasi dan Pengembanhan Budaya Sunda Universitas Padjadjaran, di Aula Universitas Padjadjaran, Dipatukur, Kota Bandung, Rabu (22/2/2023).*
SISWA mengerjakan soal teka-teki silang (TTS) berbahasa Sunda dalam acara "Pasanggiri Tarucing Cakra" yang diadakan yang diadakan Pusat Digitalisasi dan Pengembanhan Budaya Sunda Universitas Padjadjaran, di Aula Universitas Padjadjaran, Dipatukur, Kota Bandung, Rabu (22/2/2023).* /RANI UMMI FADILA

KORAN PR - Sekitar 1.200 orang, yang terdiri dari anak sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga orang dewasa mengikuti kegiatan "Pasanggiri Tarucing Cakra", Rabu di Universiras Padjadjaran, Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu 22 Februari 2023.

Acara yang diadakan Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Unpad tersebut merupakan lomba mengisi TTS berbahasa Sunda.

Acara dilaksanakan secara daring dan luring. Di dalam Aula Unpad, para peserta lomba yang mengikuti acara secara luring asyik memperhatikan layar gawai mereka yang menampilkan TTS berbahasa Sunda. Sesekali, para peserta acara berdiskusi dengan teman di sebelahnya untuk memecahkan soal TTS.

Ketua Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Unpad Ganjar Kurnia mengatakan, dengan menggunakan gawai, citra bahasa Sunda bisa diangkat menjadi sesuatu yang tidak kuno.

"Kami ingin melaksanakan sesuatu yang berbeda. Cara isi TTS dengan teknologi agar jangan dikira Sunda masih ketinggalan," ucap Ganjar.

Model pengenalan bahasa dengan TTS juga merupakan upaya menarik minat anak muda untuk mengenal bahasa Sunda. Dalam soal TTS, disisipkan pengenalan tentang tokoh dan budaya Sunda.

Selain itu, sebelum lomba dimulai, para peserta diberikan cerita pendek dan sajak berbahasa Sunda untuk meningkatkan literasi bahasa Sunda.

Menurut Ganjar, sudah saatnya mengenalkan bahasa Sunda dengan cara-cara modern sehingga anak muda tertarik. Selain lomba mengisi TTS, Unpad juga pernah mengadakan lomba pembuatan video pendek berbahasa Sunda.

Ke depan, Unpad berencana memanfaatkan media sosial seperti Tiktok untuk melaksanakan lomba komedi berbahasa Sunda hingga lomba membuat permainan.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x