Binus Graduate Program Raih Akreditasi dan Diakui oleh Pemerintah

- 31 Maret 2023, 12:23 WIB
Binus Graduate Program
Binus Graduate Program /Dok Binus Graduate Program

KORAN PR - Kelayakan dan kualitas suatu program studi di perguruan tinggi dapat dilihat melalui akreditasi yang dimilikinya. Pemberian akreditasi pada program studi merupakan proses mengevaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen program studi tersebut, terhadap kelayakan, mutu serta kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi.

Bagi keberlangsungan suatu lembaga, akreditasi ini sangatlah penting karena dapat menjamin kualitas dan mutu dari lulusan perguruan tinggi tersebut.

Tidak hanya itu saja, pada dunia kerja, akreditasi suatu program studi yang dijalani juga berpengaruh untuk meningkatkan peluang penerimaan sebagai karyawan.

BINUS Graduate Program (BGP) baru saja meraih akreditasi Unggul untuk Master of Information System Management (MMSI) dan Master of Industrial Engineering (MTD). Selain itu, program doktor ilmu komputer atau BINUS Doctor of Computer Science (DCS) berhasil berhasil meraih akreditasi Baik Sekali.

Pencapaian tersebut, menurut Director of BGP, Dr. Sani Muhamad Isa, berarti pemerintah mengakui bahwa BINUS sudah melaksanakan proses pendidikan dengan baik, khususnya di tiga program studi tersebut.

Program studi lain di BGP telah memiliki akreditasi A untuk Master of Computer Science (MTI) dan akreditasi B untuk Master in Communication Science (MIK).

“Pak Rektor kami sering menyampaikan bahwa BINUS jangan dikenal karena (gedung) kampusnya saja yang bagus, hal yang perlu kita tunjukkan adalah reputasi kita yang baik sehingga masyarakat bisa melihat bukan hanya fisik, melainkan proses (pendidikan) di dalamnya juga mendapatkan pengakuan,” kata Sani saat diwawancarai secara daring pada Senin 13 Maret 2023.

Lebih dari itu, dia menekankan bahwa prestasi tersebut turut mengerek kepercayaan diri serta motivasi dalam melakukan perbaikan. Semua masukan dari pihak asesor yang melakukan penilaian saat proses akreditasi pun menjadi pertimbangan penting bagi BINUS untuk meningkatkan standar kualitas pendidikan dan layanan.

Menyediakan pengajar terbaik

Sani menyebut bahwa BINUS memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, salah satunya terlihat mayoritas dosen BINUS Graduate Program (64%) melanjutkan program S2 dan S3 ke universitas ternama di luar negeri. Sani menilai hal ini juga didukung oleh sistem manajemen BINUS yang baik dan menyentuh semua aspek.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x