Fasilitas Air Bersih Rusak Pasca Gempa Cianjur, Asahimas Chemical Bangun Sumber Air Bersih Baru

- 12 Maret 2023, 05:13 WIB
PT Asahimas Chemical (ASC) memberikan bantuan sarpras air bersih terhadap masyarakat yang terdampak gempa Cianjur, Rabu, 8 Maret 2023.
PT Asahimas Chemical (ASC) memberikan bantuan sarpras air bersih terhadap masyarakat yang terdampak gempa Cianjur, Rabu, 8 Maret 2023. /Dok ASC

KORAN PR - Kerusakan fasilitas air bersih dan bahan pangan menjadi kendala yang dihadapi oleh masyarakat di sebagian daerah Cianjur pascagempa 21 November 2022 lalu. PT Asahimas Chemical (ASC) memberikan bantuan terkait kendala yang dihadapi masyarakat Cianjur yang terdampak gempa tersebut.

Manajer General Affair ASC, Idris Ahmad mengatakan, pihaknya telah menggelar 3 program yaitu pembangunan sarana fasilitas air bersih, donasi paket sembako, dan tenda darurat bagi sekolah terdampak di Kampung Sarampad RW 03, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Fasilitas air bersih yang dibangun meliputi pembuatan sumber air bersih baru (sumur bor), tangki air, mesin pompa, pipa, kran, rangka tangki air, dan kwh listrik 2.200 watt.

“Fasilitas tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Kampung Sarampad sebanyak 200 kepala keluarga,” katanya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Bersamaan dengan itu, PT Asahimas Chemical turut mendonasikan tenda yang akan difungsikan sebagai sekolah darurat bagi siswa/i SDN Taruna Bakti yang sekolahnya rusak dan akan direlokasi akibat lokasinya yang dekat dengan Sesar Cugenang.

Selain itu, ASC juga mendistribusikan 200 paket sembako untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat mengingat bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

“Pemilihan Kampung Sarampad sebagai lokasi karena sumber mata air yang sebelumnya dimanfaatkan selama 30 tahun oleh warga di wilayah tersebut hilang akibat gempa,” ujarnya.

Selain itu, wilayah tersebut merupakan salah satu daerah yang terdampak paling parah akibat lokasinya yang berdekatan dengan pusat gempa.

Idris mengatakan, ASC hadir membawa misi untuk membantu masyarakat Cianjur, yang saat ini sedang dalam proses pemulihan dengan membawa beberapa program yang dapat mendorong kembali kehidupan masyarakat pasca bencana.

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x