Era Keterbukaan, Erick Thohir Minta BUMN Tidak Tutup-tutupi Kinerja

- 10 Maret 2023, 20:13 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Kamis, Maret 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Kamis, Maret 2023. /Muhammad Ashari

KORAN PR - Menteri BUMN Erick Thohir meminta kinerja BUMN dibuat transparan bagi publik dan tidak ditutup-tutupi. Kemajuan teknologi komunikasi digital dinilainya untuk memungkinkan penyampaian kinerja dilakukan secara terbuka.

Erick menuturkan, saat ini adalah era keterbukaan, era di mana civil society merupakan bagian kehidupan, maka sejalan dengan hal itu Erick Thohir terus mendorong semua BUMN untuk memberitakan kinerja dan tidak ada hal yang ditutup-tutupi.

“Saya mendorong untuk kita harus berani bicara fakta, bukan menutup fakta. Kinerja ataupun kebijakan yang sudah bagus perlu kita sampaikan karena itu adalah solusi,” ujar Erick dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Kamis, Maret 2023.

Menurutnya, keterbukaan informasi berfungsi menunjang peranan dalam komunikasi publik terhadap pemberitaan BUMN. Hal itu jiga menysaratkan setiap BUMN perlu memiliki infrastruktur seperti media online maupun offline yang mumpuni.

“Ini bisa menjadi penghubung ke masyarakat untuk menginformasikan berita-berita maupun kinerja dari BUMN,” katanya.

Selain infrastruktur, ia menambahkan, dukungan dari pihak internal juga memiliki peranan penting dalam komunikasi publik terhadap pemberitaan BUMN.

“Karyawan BUMN juga harus ikut berpartisipasi aktif menyuarakan berita, kebijakan ataupun kinerja dari BUMN sehingga bisa membangun kebanggaan atas perusahaan tempat karyawan bernaung,” kata Erick.

Kegiatan BCOMSS Awarding Night 2023 dihadiri lebih dari 2.000 anggota BUMN, termasuk jajaran Direksi BUMN, dan Corporate Secretary BUMN.

Ajang BCOMSS 2023 mengusung tema Membawa Indonesia ke Panggung Dunia. Gelaran ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja praktek komunikasi dan TJSL berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x