Penuhi Cadangan Beras Pemerintah, Bulog Tingkatkan Serapan dengan Gandeng Penggilingan Padi

- 9 Maret 2023, 21:07 WIB
Ilustrasi stok beras Bulog
Ilustrasi stok beras Bulog /ANTARA FOTO/Reno Esnir/

KORAN PR - Peningkatan serapan beras BULOG menjadi prioritas yang terus dikerjakan. Hal tersebut dikarenakan serapan beras BULOG menjadi kunci untuk ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang disiapkan sebagai instrument pengendalian harga dan antisipasi kondisi kedaruratan.

Disampaikan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, sejumlah upaya telah disiapkan untuk meningkatkan serapan beras tersebut. Antara lain, melalui penggilingan padi. Saat ini, BULOG telah membangun Modern Rice Milling Plant (MRMP) di 13 lokasi untuk menambah potensi penyerapan gabah.

“Tidak hanya beras, dengan fasilitas silo yang terpasang di MRMP di 13 lokasi, BULOG juga kita siapkan untuk bisa menyerap gabah. Optimalisasi sarana MRMP ini diharapkan turut mendongkrak tingkat serapan BULOG di tahun ini,” ujarnya melalui keterangan pers, Kamis 9 Maret 2023.

Selain itu, pemerintah juga sedang menghitung Harga Pembelian Pemerintah (HPP) terbaru berdasarkan usulan para stakeholder pangan nasional serta disesuaikan dengan perkembangan harga keekonomian gabah dan beras.

Dengan HPP terbaru tersebut, diharapkan BULOG akan memiliki harga yang baik untuk menyerap sehingga turut berkontribusi menjaga keseimbangan harga gabah di tingkat petani, pedagang, dan konsumen.

“Bapak Presiden menekankan agar semua pihak bersama-sama menjaga harga beras agar stabil, karena beras ini adalah salah satu komoditas yang memberikan andil terhadap inflasi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Arief mengatakan, salah satu kunci untuk meningkatkan serapan beras BULOG adalah melalui penguatan kerja sama BULOG dengan pelaku usaha penggilingan padi, utamanya penggilingan padi skala kecil dan sedang.

“Dengan menggandeng penggilingan padi kecil dan sedang, selain mendapatkan serapan beras untuk meningkatkan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP), BULOG juga turut mendukung keberlangsungan usaha para penggilingan padi tersebut,” ujarnya.

Melalu sejumlah kelebihan yang dimiliki BULOG, Arief memastikan, kerja sama antara BULOG dan penggilingan akan berjalan saling menguntungkan.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini