Hadapi Ramadan dan Hari Raya, Pemerintah Akan Bagikan Bansos untuk 21,6 Juta Warga

- 9 Maret 2023, 20:46 WIB
Pemerintah akan menyalurkan bansos untuk tiga bulan.*
Pemerintah akan menyalurkan bansos untuk tiga bulan.* /Antara/Hafidz Mubarak A

KORAN PR - Pemerintah akan membagikam bantuan sosial (bansos) kepada 21,6 juta warga menjelang Ramadan. Bansos itu berupa beras, telur, dan ayam. Saat ini, bansos tersebut masih dalam tahap persiapan oleh kementerian dan lembaga terkait.

"Jadi salah satu yang kemarin sudah dibahas oleh Bapak Presiden (Jokowi) itu kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta masyarakat, berasnya 10 kg, dan akan diberikan selama 3 bulan," kata Menteri Koordonator Perekonomian Airlangga Hartarto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 9 Maret 2023.

Dia menjelaskan, pemerintah akan menyalurkan bansos pangan untuk tiga bulan mulai Maret, April, dan Mei 2023. Penyaluran bantuan pangan itu ditujukan untuk menekan dampak kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan.

Airlangga mengungkapkan, skema dan regulasi pemberian bansos ini tengah dipersiapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Untuk bansos beras, pemerintah akan menugaskan Perum Bulog untuk mendistribusikannya. Sedangkan bansos berupa ayam dan telur akan didistribusikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan, ID FOOD.

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Sosial (Kemensos) Romal Sinaga menyampaikan, penyaluran bansos pangan nantinya tidak melalui Kemensos. “Bansos pangan tidak melalui Kemensos (penyalurannya),” katanya.

Romal menjelaskan, Kemensos hanya bertugas untuk menyiapkan data penerima bansos pangan dan mengaku siap jika data tersebut dibutuhkan segera guna mengimplementasikan bantuan tersebut.

“Seperti pernyataan Ibu Menteri Tri Rismaharini, Kemensos bertugas dalam hal penyiapan data, dan apabila data dibutuhkan segera untuk implementasi kebijakan tersebut, kami siap,” ujarnya.

Direktur Jenderal Anggaran, Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan akan menunggu terlebih dahulu penyesuaian data penerima sebelum mengalokasikan dana bansos pangan ini.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x