Ancol Creative Centre Menjadi Ruang Baru Pengembangan Kreativitas dan Peningkatan UMKM di Kota Bandung

- 7 Maret 2023, 11:23 WIB
SALAH seorang pelaku UMKM merapikan produk dagangannya di Ancol Creative Centre (ACC), Jalan Karapitan, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Senin, 6 Maret 2023. Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, ACC menjadi tambahan ruang kreatif dan pengembangan produk UMKM di Kota Bandung. *
SALAH seorang pelaku UMKM merapikan produk dagangannya di Ancol Creative Centre (ACC), Jalan Karapitan, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Senin, 6 Maret 2023. Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, ACC menjadi tambahan ruang kreatif dan pengembangan produk UMKM di Kota Bandung. * /Satira Yudatama

KORAN PR - Ancol Creative Centre (ACC) menjadi wajah baru industri kreatif Kota Bandung. Menurut Wali Kota Bandung Yana Mulyana, AAC dapat mengubah perspektif kelompok generasi muda di Kota Bandung akan pasar.

ACC merupakan ruang baru untuk mengembangkan kreativitas dan peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Lokasinya di lantai 2 Pasar Ancol, Jalan Karapitan, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Yana meresmikan ACC pada Senin 6 Maret 2023 kemarin.

"Kami sangat mendukung aktivasi ruang kreatif dan pengembangan produk UMKM di Pasar Ancol. Stereotipe dari sebagian masyarakat, Pasar Ancol merupakan tempat yang tak nyaman. Kami yakin, keberadaan ACC menghilangkan stereotipe itu. Saat ini, kami menyaksikan, Pasar Ancol menjadi tempat yang nyaman, juga bisa ikut mempercepat upaya pemulihan ekonomi, terutama dari pelaku UMKM," ujar Yana.

Menurut Yana, UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Selain itu, pelaku UMKM menjadi kelompok yang paling tahan atas resesi maupun pandemi. Lantaran demikian, pengembangan UMKM perlu terus berlanjut di Kota Bandung.

Dalam upaya penguatan dan pengembangan UMKM, Yana mengatakan, tengah berproses pembahasan Perda. "Itu (Perda) guna meningkatkan perlindungan bagi pelaku usah UMKM. Nanti, Perda tersebut makin mengukuhkan, bahwa Bandung sebagai kota yang berbasis pertumbuhan UMKM," ucap Yana.

Dikembangkan

Camat Regol Sri Kurniasih menambahkan, sebanyak 20 tenant kuliner sudah hadir di ACC Pasar Ancol. Jenis produknya beragam, di antaranya, kopi, cuanki, seblak, lumpia basah, piza. Pengisi tenant itu merupakan pelaku UMKM terbaik di Kecamatan Regol.

Bekerja sama dengan berbagai pihak, Sri bakal mengembangkan kegiatan kreatif di ruang tersebut. "Nanti, akan ada kegiatan. Komunitas, mahasiswa Universitas Langlangbuana maupun dari Universitas Pasundan yang mengisi kegiatannya," ucap dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Pasar Juara, Riki Ferlino mengaku akan mengembangkan digitalisasi di ACC. Hal itu guna mewujudkan visi dan misi Wali Kota Bandung dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

"ACC merupakan ikon anak muda dan tematik baru, menyusul kesuksesan yang di Pasar Kosambi. Semoga, menjadi magnet baru bagi pemuda untuk beraktivitas. Kami akan akan mendukung digitalisasi sesuai tujuan creative centre," kata dia.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x