Pariwisata Lombok dan NTT Diproyeksikan Meningkat, Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekraf Tangkap Peluang

- 7 Maret 2023, 06:46 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri program Kelana Nusantara yang diadakan di Mandalika, Lombok Tengah, Minggu, 5 Februari 2023.*
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri program Kelana Nusantara yang diadakan di Mandalika, Lombok Tengah, Minggu, 5 Februari 2023.* /Kemenparekraf

KORAN PR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyebutkan Lombok dan NTB akan lebih besar perannya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemenparekraf dikatakannya sedang menggagas jalur penerbangan langsung ke Lombok. Ia juga menilai para pelaku ekonomi kreatif perlu menangkap peluang dari hal tersebut.

Sandiaga Uno mengatakan, penerbangan langsung rencananya dibuka dari Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan Manila pada 2023.

“Ini adalah empat pasar besar dan satu lagi dari Vietnam,” katanya dalam keterangan pers saat menghadiri program Kelana Nusantara yang diadakan di Mandalika, Lombok Tengah, Minggu, 5 Februari 2023 lalu.

Menurutnya, jumlah wisatawan Lombok sudah semakin meningkat sejak acara Motor GP. Para wisatawan dinilainya kini membutuhkan produk-produk ekonomi kreatif yang representatif, yang bisa menjadi penggerak ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Apalagi di 2024 targetnya adalah bisa menyerap 4,4 juta lapangan kerja dari sektor parekraf. Maka dari itu, para pelaku ekonomi kreatif harus mampu menangkap peluang, baik menyediakan ruang, maupun meningkatkan kualitas produk-produknya,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya program Kelana Nusantara yang didesain untuk lebih banyak berdiskusi dengan para pelaku ekonomi kreatif, maka Kabupaten Lombok Tengah yang sudah menjadi bagian dari Destinasi Super Prioritas bisa membangun ekosistemnya.

Sebab ekonomi kreatif yang kuat itu perlu nemiliki ekosistem yang baik mulai dari segi supply hingga demand-nya seperti mulai dari pelakunya, bahan bakunya, pelatihannya, pendampingannya, pembinaannya, pembiayaannya, dan akses ekspornya.

Dari ekosistem itulah nantinya dapat mendorong sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Tengah bisa menjadi salah satu tulang punggung ekonomi daerah.

Sandiaga Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif yang hadir pada acara Kelana Nusantara, lalu para stakeholder, untuk bekerja sama dan bersinergi agar bisa memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya yang berada di Lombok Tengah.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Keterangan Pers


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah