BRI Serahkan Sertifikat Halal Kepada UMKM Binaan

- 2 Maret 2023, 07:21 WIB
CEO Regional BRI Office Bandung Budhi Novianto secara simbolis menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan UMKM.
CEO Regional BRI Office Bandung Budhi Novianto secara simbolis menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan UMKM. /Istimewa/


KORAN PR-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Regional Office Bandung menyerahkan sertifikat halal kepada 50 UMKM binaan yang produknya telah memenuhi standarisasi halal nasional. Pemberian sertifikat halal ini, melalui program BRI Peduli Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam rangka terus mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya.

Penyerahkan sertifikat halal kepada 50 UMKM binaan ini secara simbolis diserahkan langsung kepada lima perwakilan UMKM oleh CEO Regional BRI Office Bandung Budhi Novianto bersama Perwakilan Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Barat Dikdik Wardiyana, Regional Micro Banking Head RO Bandung Moch. Harsono, Branch Office Head BRI Cabang Setiabudi Ami Kurniawan di Rumah BUMN Bandung Jl. Jurang Kota Bandung, Rabu 1 Maret 2023.

Acara dihadiri Kabag. Ultramikro, Social Entrepreneurship & Incubation Lilik Sungkono, Dep. Head Logistic & General Affair Humam Fauzi, Koordinator Rumah BUMN BRI Bandung Supriatna beserta staff.

CEO Regional BRI Office Bandung Budhi Novianto dalam sambutannya mengatakan penyerahan sertifikat halal kepada 50 UMKM Binaan yang tersebar di Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. “Penyerahan sertifikat halal ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya kami memberikan kepada klaster UMKM binaan BRI," tutur Budhi dalam rilis yang diterima "PR".

Menurut Budhi, langkah ini sebagai komitmen BRI dalam menjawab kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam proses pengurusan sertifikat halal. Agar dapat mendorong UMKM dalam meningkatkan usahanya sehingga para pelaku UMKM ini bisa naik kelas.

“Produk UMKM ini kami dorong memenuhi kreteria halal selain harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Program sertifikat halal diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk UMKM, khususnya produk makanan dan minuman. BRI akan terus mendorong UMKM untuk bangkit bersama BRI agar semakin besar. Harapannya UMKM ini akan semakin banyak menciptakan lapangan kerja baru dan semakin menginspirasi masyarakat sekitar untuk tumbuh bersama memajukan ekonomi lokal,” ungkap Budhi.

Sementara itu, perwakilan UMKM asal Bandung Indah Aprilia dan Kessa Kresnan menyampaikan terimakasih kepada BRI, karena sertifikat halal ini sangat membantu usahanya. “Sebab dalam praktek di lapangan khususnya untuk produk-produk makanan harus memiliki legalitas. Apalagi ada wacana dari pemerintah pada tahun 2024, semua produk makanan dan minuman harus memiliki sertifikat halal,” kata Indah dengan senyum bahagiannya usai menerima sertifikat halal dari BRI.

Rumah BUMN BRI

Rumah BUMN BRI secara nasional ada 53, Rumah BUMN BRI RO Bandung memiliki 3 Rumah BUMN yang berada di Jl. Jurang No. 50 Bandung, Jl. R. Ikik Wiradikarta No. 09 Tasikmalaya, dan Jl. KK. Singawinata No. 55 Purwakarta. Para UMKM yang sudah tergabung di Rumah BUMN RO Bandung sekitar 10.000 UMKM, Tahun 2022 sekitar 6.164 UMKM baru, 523 pelatihan dan ada sekitar 77 UMKM Eksport (Go Digital).

“Saat ini, Rumah BUMN Kota Bandung masuk nominasi BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMS 2023) Kategori Rumah BUMN Terbaik dan Fasilitator Rumah BUMN Terbaik Program Kementerian BUMN – Staff Khusus III Menteri BUMN. BCOMSS merupakan program apresiasi/penganugerahan dibidang komunikasi dan program keberlanjutan,”kata Kordinator Rumah BUMN BRI Bandung Supriatna.

Selain itu, kata dia, Rumah BUMN mempunyai 5 fungsi, yaitu: pertama, sebagai Pengembangan UMKM membina UMKM dimulai dari Go Modern (Memodernisasi Usaha), Go Digital (Digital Usaha Digital Apps dan Sosmed), Go Online (Digital) dan Go Global (Ekspor). Kedua, Basecamp Millennials yaitu Rumah BUMN berperan dalam mengelola, mendidik, dan membingbing millennials untuk menjadi entrepreneurs.

Halaman:

Editor: Nuryani

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x