Proving Ground Semakin Tingkatkan Daya Saing Industri Otomotif Nasional

- 1 Maret 2023, 20:06 WIB
Penandatanganan Loan Agreement antara Konsorsium Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) selaku pemenang tender proyek Proving Ground dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek proving ground, di Tokyo, Jepang.*
Penandatanganan Loan Agreement antara Konsorsium Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) selaku pemenang tender proyek Proving Ground dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek proving ground, di Tokyo, Jepang.* /DOK KEMENHUB

KORAN PR - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kehadiran fasilitas proving ground atau tempat pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional di Indonesia diharapkan semakin meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

"Pembangunan proving ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor,” ujar Menhub saat menyaksikan penandatanganan Loan Agreement antara Konsorsium Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) selaku pemenang tender proyek Proving Ground dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek proving ground, di Tokyo, Jepang, Rabu 1 Maret 2023.

Menhub menjelaskan, kehadiran proving ground juga sangat penting untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keselamatan dan keamanan (safety), kenyamanan, dan juga rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

Proyek Proving Ground di Bekasi diperkirakan selesai pada akhir 2023, berdiri di atas lahan seluas 80 hektar sekaligus fasilitas uji kendaraan outdoor satu-satunya di Indonesia

“Dengan ditandatanganinya Loan Agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan Proving Ground di awal tahun ini, dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini,” ucap Menhub.

Budi Karya berharap, kerja sama pembangunan Proving Ground akan semakin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin baik selama 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPR RI/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel yang turut menyaksikan penandatanganan Loan Agreement mengatakan, proyek Proving Ground akan semakin memperkuat hubungan yang saling menguntungkan antar kedua negara.

Ia menambahkan, kehadiran Proving Ground ini juga akan meningkatkan industri otomotif Jepang yang mayoritas ada di Indonesia. “Keberhasilan konsorsium memenangkan proyek ini tidak mudah karena harus bersaing dengan Konsorsium dari China dan Korea. Semoga Proving Ground ini sudah bisa dilakukan soft launching pada November 2023 yang menandai 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang pada tahun ini,” tuturnya.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan Loan Agreement, Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi.***

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x