Peran BLK Sangat Strategis dalam Menyiapkan Calon Pekerja Berdasarkan Link and Match

- 1 Maret 2023, 14:16 WIB
Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Ketenagakerjaan  Chairul Fadhly Harahap.*
Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Ketenagakerjaan Chairul Fadhly Harahap.* /SATRIO WIDIANTO

KORAN PR - Peran Balai Latihan Kerja (BLK) sangat strategis dalam menyiapkan calon pekerja yang langsung link and match dengan kebutuhan pasar, dan kesiapan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang bisa diserap oleh kalangan industri.

Demikian dikatakan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Ketenagakerjaan Chairul Fadhly Harahap dalam keterangan saat berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK Samosir, Sumatera Utara, Selasa 28 Maret 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka press tour wartawan dari Jakarta, Forum Wartawan Ketenagakerjaan (Forwaker).

Link and match adalah penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja ke depan. Selain di BLK, kurikulum dan sistem pendidikan terutama pendidikan tinggi di Indonesia sudah saatnya sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Pasalnya, sampai saat ini lulusan pendidikan tinggi belum menjadi jaminan bisa memasuki pasar kerja dan dunia industri.

“Kami hadir di sini sebagai perwakilan Kemnaker bersama Forwaker akan menarasikan, menceritakan dan mempublikasikan tentang apa yang sudah dilakukan di BLK ini, yang bisa menjadi bahan untuk mem-branding dan memberikan pemberitaan terkait aktifitas BLK ini,” katanya.

Melalui press tour ini, Chairul Fadhly berharap insan pers dapat mempublikasikan terkait upaya pemerintah khususnya Kemnaker, yang mana salah satu perannya menyiapkan calon pekerja dari sisi kompetensi sesuai dengan pasar kerja lokal dan regional.

Ketua Forwaker Hamdan dari media Indonesiaplus.id, menyampaikan jajaran awak media yang hadir akan mempublikasikan apa yang dilakukan oleh BLK Samosir, sehingga akan dibaca oleh publik dan pengambil kebijakan di pusat.

“Kami sebagai mitra kerja pemerintah, akan menyampaikan kepada khalayak bahwa BLK sudah melakukan tugas yang luar biasa ditengah keterbatasan dan tantangan yang ada mampu mencetak SDM yang memiliki kompetensi yang bisa diserap oleh kalangan industri,” ujarnya.

Hamdan berharap melalui sinergitas pers dan pemerintah dalam memperkuat peran strategis BLK, akan memberi branding bahwa BLK itu bukan menjadi pilihan terakhir tetapi bisa menjadi pilihan pertama dan yang utama.

Kepala UPTD BLK Samosir Dumasari Hogara Sitanggang menyampaikan terima kasih atas dipilihnya BLK Samosir sebagai salah satu BLK yang dikunjungi.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x