Menaker ke Arab Saudi Tinjau Kesiapan Sistem Penempatan Pekerja Migran Satu Kanal

- 27 Februari 2023, 08:37 WIB
Menaker mengadakan pertemuan dengan Dubes RI. *
Menaker mengadakan pertemuan dengan Dubes RI. * /DOK KEMNAKER

KORAN PR - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat ini sedang melakukan lawatan ke Arab Saudi. Salah satu agenda Menaker ke negara itu adalah meninjau kesiapan implementasi Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Dikatakan Ida, dalam memperluas pasar kerja luar negeri, pada 11 Agustus 2022, Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani Technical Arrangement tentang Proyek Percontohan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK), untuk Penempatan Terbatas Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi.

Sebagai tindak lanjut penandatanganan ini, kedua negara telah selesai melakukan integrasi aplikasi agar SPSK dapat segera diterapkan di Arab Saudi. "Prosesnya saat ini telah memasuki tahap perekrutan calon PMI, untuk dapat diinput ke dalam SPSK," jelas Menaker Ida Fauziyah dalam pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, di Wisma KBRI Riyadh, Arab Saudi, Minggu, 26 Februari 2023.

Menaker meninjau kesiapan KBRI dalam melakukan penerapan SPSK di Arab Saudi, termasuk kesiapan sumber daya, sarana dan prasarana yang diperlukan. "Kami mohon dukungan Bapak Dubes untuk dapat membantu mengawal komitmen Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam mengimplementasikan SPSK," ucapnya.

Dengan adanya dukungan dari KBRI Arab Saudi, dia berharap, diplomasi antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi di bidang ketenagakerjaan dapat semakin baik dan meningkat.

Menaker mengungkapkan, tantangan ketenagakerjaan menjadi salah satu isu yang berkaitan dengan isu-isu lainnya, seperti ekonomi, kesehatan, sosial, dan ketahanan.

Ida menyebut, sebagai kementerian yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan, memiliki prioritas utama menghadapi tantangan ketenagakerjaan di masa depan.***

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x