Tekan Inflasi, PKK Kota Bandung Adakan Pasar Murah

- 21 Februari 2023, 06:42 WIB
WARGA mengantre di depan tenda kasir saat pasar murah di Gedung TP PKK Kota Bandung, Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Senin (20/2/2023). Pasar murah atas prakarsa TP PKK Kota Bandung bersama salah satu perusahaan jual beli dan agen kebutuhan pokok hadir di 151 kelurahn secara bergantian.*
WARGA mengantre di depan tenda kasir saat pasar murah di Gedung TP PKK Kota Bandung, Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Senin (20/2/2023). Pasar murah atas prakarsa TP PKK Kota Bandung bersama salah satu perusahaan jual beli dan agen kebutuhan pokok hadir di 151 kelurahn secara bergantian.* /SATIRA YUDATAMA

KORAN PR - Sebagai bagian dari upaya untuk menekan angka inflasi, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung mengadakan pasar murah. Penyelenggaraan pasar murah dilaksanakan pada 151 kelurahan Kota Bandung secara bergantian.

Gedung PKK Kota Bandung menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pasar murah. Tersedia 1.000 paket kebutuhan pokok masyarakat. Paketnya pun beragam, di antaranya minyak goreng kemasan isi 900 mililiter dan 1 kilogram ikan kembung dengan harga Rp 47.000, ikan patin bumbu berserta 2 kg beras dengan 1 kg gula pasir dan garam Rp 59.000. Harga yang berlaku saat operasi pasar di bawah pasar.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menghadiri pasar murah di Gedung PKK Kota Bandung, Senin 20 Februari 2023. Dia berharap, pasar murah dengan penyelenggara TP PKK Kota Bandung bersama salah satu perusahaan jual beli dan agen kebutuhan pokok itu betul-betul bisa membantu masyarakat.

"Masyarakat bisa beroleh kebutuhan pokok lebih murah daripada harga di pasaran melalui kegiatan itu. Kegiatan itu dilaksanakan pada 151 kelurahan di Kota Bandung dengan waktu bergantian, sesuai kesiapan aparatur kewilayahan masing-masing," tutur Yana, Senin 20 Februari 2023.

Yana mengatakan, pasar murah turut bertujuan mengendalikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan maupun Idulfitri. Menurut dia, harga kebutuhan berkecenderungan naik tiap menjelang hari besar keagaamaan.

"Terdapat sejumlah upaya serupa, di antaranya pasar murah atas prakarsa Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung. Hal yang berbeda, pada pasar murah atas prakarsana Disdagin, penerima manfaat bisa membeli satuan. Semoga, upaya-upaya itu bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok di pasaran, terutama menjelang Ramadan maupun Idulfitri," tutur Yana.

Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana menambahkan, komoditas yang tersedia saat pasar murah, seperti ikan, telur, minyak goreng, beras, gula pasir, dan garam. Selain membantu masyarakat beroleh kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dan menurunkan angka inflasi, pasar murah turut mengampanyekan program Gemar Mengonsumsi Ikan (Gemarikan).

"Sekaligus membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif. Gemarikan bermaksud menurunkan angka stunting," ucap Yunimar.***

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x