Muhaimin Iskandar Bilang, Alokasi Dana Desa Rp 1 Miliar Terlalu Kecil

- 16 Februari 2023, 14:34 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar /Istimewa

 

 


JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai alokasi dana desa (ADD) yang ada saat ini di kisaran Rp 1 miliar per desa per tahun, masih terlalu kecil untuk bisa memajukan pembangunan di desa. Pemerintah seharusnya mengalokasikan dari APBN sebanyak Rp 5 miliar per desa per tahun.

”Sudah menjadi keyakinan saya sejak kecil kalau kita berhasil membangun desa maka berhasil pulalah pembangunan nasional. Saya kok yakin APBN kita masih cukup membiayai setahun Rp 5 miliar setiap desa,” ujar pria yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini dalam keterangan pers, Kamis (16/2/2023).

Muhaimin mengklaim, telah mendapatkan aspirasi dari sejumlah kepala desa di Jawa Timur mengenai ADD yang dinilai masih kecil. Ia berjanji akan membawa aspirasi tersebut kepada pemerintah.

”Ini semua adalah mandat yang insyallah saya akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan mandat para kepala desa,” kata pria yang juga dipanggil Gus Muhaimin ini.

Menurutnya, pembangunan yang paling efektif harus dimulai dari desa. Anggaran yang dialokasikan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. Muhaimin optimistis negara mampu mengalokasikan ADD.

Muhaimin mencatat ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah desa. Pertama, pemerintah desa harus mampu menggunakan alokasi anggaran desa secara akuntabel. Kedua, pelaksanaan pembangunan desa harus mengedepankan partisipasi masyarakat. Ketiga, harus ada sistem kontrol yang berjalan secara efektif di desa.

Ia menambahkan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) di desa mutlak diperlukan, selain peningkatan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada sumber daya desa.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Siaran Pers


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah