1.700 Santri Ikut Tunas Al Quds di Nurul Fikri Boarding School Lembang

- 20 Maret 2023, 06:57 WIB
 Sebanyak 1.700 santri berpartisipasi dalam kegiatan Tunas Al Quds (TAQ) di Nurul Fikri Boarding School Lembang.
Sebanyak 1.700 santri berpartisipasi dalam kegiatan Tunas Al Quds (TAQ) di Nurul Fikri Boarding School Lembang. /Dewiyatini

KORAN PR - Sebanyak 1.700 santri berpartisipasi dalam kegiatan Tunas Al Quds (TAQ) di Nurul Fikri Boarding School Lembang, yang tahun ini mengangkat tema “The Legacy of Al Quds” di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari sejak 17 Maret 2023. Peserta berasal dari tiga provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Uniknya, kegiatan itu murni diselenggarakan oleh santri yang merupakan siswa kelas 8. Peran guru hanya sebagai pendamping dalam kegiatan tersebut.

Direktur Pendidikan Nurul Fikri Boarding School Lembang (NFBS), Muhammad Damiri mengatakan, TAQ merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Bahkan kegiatan TAQ baru tahun ini diselenggarakan secara offline kembali.

“Dua tahun pandemi Covid-19, kegiatan TAQ tetap berjalan dan diselenggarakan secara online,” katanya, Sabtu 18 Maret 2023.

Damiri mengungkapkan, untuk pelajar SD ada 13 kategori lomba mulai dari Da’i Cilik, Story Telling, Bertutur Siroh, Adzan, Robotik, Handycraft, Rangking 1. Selain itu juga ada kategori, Spelling Bee & Speech, Olimpiade Sains dan Matematika, MHQ SD, MHQ SMP, Solo Vocal dan Drawing Competition.

Sedangkan untuk kategori lomba tingkat SMP, di antaranya, TAQ Got Talent untuk Putra dan Duta Kemanusiaan untuk Putri, serta Pramuka: Scout Leader Camp. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya, Futsal, Panahan, Renang, Basket dan Sepakbola.

Damiri menyatakan, TAQ juga diisi dengan berbagai kegiatan Tabligh Akbar, Talk Show Kepemudaan, Leadership Development, Charity dan Entertainment. “TAQ dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran bagi santri-santri dalam membina kepribadian muslim yang unggul, menambahkan pengalaman dalam event organizing,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Asep Dendih mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti TAQ ini. “Kita mendukung kegiatan yang dilakukan oleh sekolah untuk melahirkan bibit unggul, yang soleh, cerdas, dan mempunyai jiwa kepemimpinan,” ujarnya.***

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x