Salain Kereta Tambahan , Seluruh Infrastruktur Sudah Diperiksa Hadapi Mudik

- 19 Maret 2023, 22:21 WIB
AKTIVITAS di Stasiun kereta Api Ciamis, Minggu 19 Maret 2023. Kegiatan Sehat Bersama KAI, sinergitas PT KAI Daop 2 Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, selain diisi lomba mewarnai, juga pameran UMKM , senam sehat serta pemeriksaan kesehatan gratis.
AKTIVITAS di Stasiun kereta Api Ciamis, Minggu 19 Maret 2023. Kegiatan Sehat Bersama KAI, sinergitas PT KAI Daop 2 Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, selain diisi lomba mewarnai, juga pameran UMKM , senam sehat serta pemeriksaan kesehatan gratis. /Nurhandoko Wiyoso/

KORAN PR-PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung bakal menambah kereta tambahan untuk angkutan mudik lebaran 2023.  Saat ini ada 10 perjalanan kereta api yang berhenti di Stasiun KA Ciamis.

 “Angkutan mudik lebaran, ada penambahan kereta. Untuk Jalur selatan ditambah KA Pasundan 7 kereta. Selain itu, juga sudah beroperasi KA Baturraden relasi Purwokerto – Bandung,” tutur Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung Joko Widagdo, usai menghadiri kegiatan’ Sehat Bersama KAI” di Stasiun Ciamis, Minggu 19 Maret 2023.

Didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, lebih lanjut dia menambahkan, menjelang angkutan mudik lebaran berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari sarana dan prasarana di stasiun maupun kereta. Seluruh infrasturktur juga sudah diperiksa.

“Semua sudah dipersiapkan dengan baik. Mudah-mudahan  semua berjalan aman dan lancar. Untuk mempermudah pelanggan, saat ini juga sudah dibuka pemesanan tiket,” katanya.

Joko Widagdo mengaku, optimis jumlah penumpang kereta api di Stasiun Ciamis bakal melonjak. Berdasar data hingga Bulan Maret 2023 ini, jumlah pelanggan yang naik dan turun di Stasiun Ciamis sebanyak 27.827 orang.

Dibandingkan periode yang sama tahun 2022,  tambahnya,terdapat kenaikan hingga 128 persen untuk pelanggan naik dan 84 persen pelanggan turun. Dengan demikian, pihaknya  optimis pelanggan kereta di Ciamis bakal terus naik, okupansinya terus meningkat.

“Antusiasme masyarakat bepergian menggunakan KA baik dari dan ke Ciamis tercatat cukup baik. Sampai dengan bulan Maret tahun ini saja sudah sebanyak 27.827 penumpang naik dan turun, sementara pada Tahun 2022 sebanyak 95.791 pelanggan,” katanya.

Bertambahnya pelanggan, ujarnya, tidak lepas dengan terjalin sinergitas antara PT KAI dengan pemerintah Kabupaten Ciamis. “Kami terus menjalin sinergitas dengan Pemkab. Ciamis. Sinergitas dengan meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Sehat Bersama KAI

Berkenaan dengan kegiatan Sehat Bersama KAI, Joko Widagdo menyampaikan, bahwa hal itu merupakan bentuk kerjasama dengan Dinas Periwisata Kab. Ciamis. Berbagai kegiatan digelar, seperti senam zumba, lomba mewarnai anak, bazar UMKM, pemeriksaan kesehatan gratis dan lainnya.

Halaman:

Editor: Nuryani


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x