Ramadan & Idulfitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Siapkan Rp 2,4 Triliun

- 27 Maret 2023, 23:30 WIB
PJ Wali Kota Tasikmalaya Cheka Firgowansyah bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali melepas Mobil Kas Keliling usai Kick-Off Semarak Rupiah Ramadan & Idul Fitri (SERAMBI) Priangan Timur yang digelar di Halaman Gedung Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Senin 27/3/2023
PJ Wali Kota Tasikmalaya Cheka Firgowansyah bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali melepas Mobil Kas Keliling usai Kick-Off Semarak Rupiah Ramadan & Idul Fitri (SERAMBI) Priangan Timur yang digelar di Halaman Gedung Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Senin 27/3/2023 /Asep MS/

KORAN PR-Guna memenuhi kebutuhan uang kartal pada momentum Ramadan dan Idulfitri 1444 H di wilayah Priangan Timur, Kantor Perwakilan Bank Indonesia menyiapkan  uang kartal sebesar 2,4 Triliun. Angka tersebut lebih besar dari prediksi kebutuhan uang kartal Ramadan dan Idulfitri 1444 H di wilayah Priangan Timur yang jumlahnya mencapai 1,7 Trilun.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali usai kegiatan Kick-Off Semarak Rupiah Ramadan dan Idul Fitri (SERAMBI) Priangan Timur yang digelar di Halaman Gedung Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Senin 27 Maret 2023.

Program tersebut kata Aswin bertujuan untuk menyediakan uang rupiah dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai serta dalam kondisi layak edar bagi masyarakat serta untuk memastikan terlaksananya layanan penukaran uang Rupiah yang sesuai.

Kemudian, kata dia, kegiatan juga dalam rangka meningkatkan awareness kepada masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. "Melalui Kegiatan SERAMBI Priangan Timur dengan tema "Serambi Rupiah Ramadan : Belanja Bijak" tersebut kami menyediakan layanan penukaran uang di 116 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Priangan Timur," katanya  

Selain dari titik layanan penukaran di perbankan yang telah ditentukan, lanjut Aswin, Bank Indonesia Tasikmalaya juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling yang akan disinergikan dengan beberapa kegiatan Operasi Pasar Murah.

"Dalam pelaksanaannya, diharapkan masyarakat dapat memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) agar lebih memudahkan dalam proses penukaran," katanya.

Aswin juga menyampaikan  kegiatan SERAMBI 2023 tidak hanya berfokus pada layanan penukaran uang, namun juga turut serta dilaksanakan kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai Kebanksentralan.

"Seperti apa itu Bank Indonesia?, QRIS, dan sosialisasi Cinta, Bangga, & Paham Rupiah; serta sosialisasi mengenai Belanja dan Berdagang Bijak di bulan Ramadan," ujar Aswin.

Ditempat yang sama , PJ Wali Kota Tasikmalaya Cheka Firgoeansyah  mengatakan, pihaknya  sangat mengapresiasi kegiatan SERAMBI yang di laksanakan secara serentak olah Bank Indonesia di Jawa Barat. "Semakin menggeliatnya aktivitas sosial ekonomi masyarakat pasca penghapusan PPKM tentunya berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Kota Tasikmalaya," ujar Cheka.

Cheka berharap kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu katalisator dalam mendorong pemulihan ekonomi sekaligus menjaga daya beli masyarakat.

"Yang tidak kalah penting lainnya, Bank Indonesia Tasikmalaya harus terus mendorong implementasi transaksi secara non-tunai dalam rangka mendukung percepatan Ekonomi Keuangan Digital (EKD) dan terciptanya transaksi pembayaran yang aman, cepat, dan efisien," ujar Cheka.

Termasuk lanjut Cheka, pihaknyapun sangat mengapresiasi upaya Bank Indonesia beserta jajaran terkait dalam mendorong sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah. "Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan uang Rupiah dan yang tidak kalah penting adalah untuk mencegah tindak kriminal pemalsuan uang," katanya.*** 

Editor: Nuryani


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x