Prospeknya Cerah, Gapoktan di Kota Tasikmalaya Kembangkan Ternak Kambing Susu Perah

- 27 Maret 2023, 16:36 WIB
Yayasan Universitas Siliwangi (YUS)  saat melakukan peninjauan pengembangan ternak kambing susu perah di gapoktan "Ngahiji Ngajadi" yang berada di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Minggu (26/3/2023).*
Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) saat melakukan peninjauan pengembangan ternak kambing susu perah di gapoktan "Ngahiji Ngajadi" yang berada di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Minggu (26/3/2023).* /Asep MS/Kontributor PR

KORAN PR - Prospek usaha pengembangan ternak kambing susu perah di Kota Tasikmalaya masih sangat menjanjikan. Saat ini produksi susu kambing di Jawa Barat termasuk di Kota Tasikmalaya baru memenuhi tidak lebih dari 20 persen kebutuhan.

Salah satu gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kota Tasikmalaya yang saat ini memgembangkan ternak kambing susu perah adalah gapoktan Ngahiji Ngajadi yang berada di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Ngahiji Ngajadi Asep Sadeli Iskandar mengatakan, prospek usaha di lini usaha ternak kambing perah dinilai masih sangat terbuka. "Produksi susu kambing perah masih jauh dari kebutuhan sehingga peluang usaha masih terbuka lebar. Untuk di Jawa Barat saja produksi susu kambing baru memenuhi tak lebih dari 20 persen kebutuhan," ujar Asep, Minggu 26 Maret 2023.

Baca Juga: Populasi Hewan Ternak di Kota Tasik Terus Menurun

Menurut Asep, dia bersama kelompoknya saat ini memelihara 50 ekor kambing dengan produksi susu kambing sekitar 30 liter per hari dari 20 ekor kambing yang sudah produksi.

"Satu ekor yang sudah produksi mencapai kisaran 1,5 sampai 2,5 liter susu perah per hari. Adapun kambing yang produksi susunya lebih banyak adalah kambing yang sedang hamil " katanya.

Pengembangan ternak kambing susu perah oleh gapoktan di Kota Tasikmalaya dilirik Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) yang menaungi Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Baca Juga: Penyakit Lumpy Skin Desease (LSD) Menyerang Hewan Ternak Sapi di Kabupaten Tasikmalaya. Apa itu LSD?

Pihak kampus menjadikan kelompok tani yang ada di Kota Tasikmalaya untuk dijadikan calon mitra kerjanya. "Selain untuk tujuan tridharma perguruan tinggi, celah investasi di sektor itu pun bukan tidak mungkin akan dilakukan mengingat prospek usaha itu masih sangat terbuka," ujar ketua Ketua YUS Brigjen TNI (Purn) Eko Yulianto saat melakukan kunjungan ke sejumlah Gapoktan yang menggeluti usaha peternakan di Kota Tasikmalaya, Minggu 26 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti


Tags

Terkini

x