Musrenbang 2023 Pemprov Jabar, Kemendagri Beri Sejumlah Catatan

- 23 Maret 2023, 12:11 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Musrenbang Kawa Barat 2023.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Musrenbang Kawa Barat 2023. /Istimewa

KORAN PR – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi mengapresiasi berbagai capaian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Hal itu disampaikannya saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menghadiri secara virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang digelar Pemprov Jabar.

Musrenbang bertajuk Melanjutkan Kemandirian Masyarakat Jawa Barat tersebut berlangsung secara hybrid dari Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa 21 Maret 2023 lalu.

Teguh mengajak para peserta agar menajamkan dan memberi masukan yang sesuai, sehingga Musrenbang menghasilkan RKPD yang betul-betul bagus untuk Jabar. "Ini forum yang sangat strategis, mari kita buat Musrenbang ini bukan sekadar business as usual," kata Teguh.

Baca Juga: Didukung Berbagai Kemudahan, Jawa Barat Masih Menjadi Tujuan Investasi Terbaik Tahun 2023

Dalam kesempatan itu, Teguh memuji pertumbuhan ekonomi Provinsi Jabar yang menempati posisi tertinggi di Pulau Jawa pada 2022 sebesar 5,45 persen. Jabar juga menjadi provinsi yang mampu menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit (7,98 persen). Walaupun nilai pembaginya sangat besar yakni 48 juta jiwa.

"Ini satu-satunya provinsi yang mampu menurunkan angka kemiskinan sampai satu digit," ujarnya.

Selain itu, indeks pembangunan manusia (IPM) Jabar mencapai 73,12 persen yang lebih tinggi dari capaian nasional sebesar 72,91 persen. Teguh memberikan sembilan catatan positif yang perlu diapresiasi dari Provinsi Jabar. Hal itu di antaranya Jabar berhasil mengembangkan pusat pertumbuhan ekonomi baru, seperti Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban, dan Kertajati).

Baca Juga: Ridwan Kamil Tawarkan Peluang Investasi kepada Korea Selatan

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x