Jalan Tol Jadi Pilihan Favorit Pemudik, Pengamat: Cermatlah Memilih Jalur Mudik

- 23 Maret 2023, 11:46 WIB
Ilustrasi salah satu rest area.**
Ilustrasi salah satu rest area.** /Istimewa

KORAN PR - Setelah terhubungnya Tol Trans Jawa tahun 2019, penggunaan Tol Trans-Jawa masih menjadi pilihan utama selama mudik Lebaran. Masyarakat masih menganggap tol akan melancarkan perjalanan.

Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, alasan kelancaran, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan menjadi pertimbangan masyarakat menggunakan jalan tol.

"Makin banyaknya memilih jalan tol sudah barang tentu kemacetan lalu lintas akan terjadi pada saat mudik Lebaran. Sementara memilih jalan alternatif harus berhati-hati dengan sepeda motor. Jika malam hari masih ada jalan alternatif yang belum dilengkapi dengan rambu dan lampu penerangan jalan," katanya dalam siaran pers di Jakarta, Kamis 23 Maret 2023.

Baca Juga: Prioritaskan Keselamatan Mudik Lebaran, 30.000 Kendaraan Jadi Target Ramp Check

"Kemacetan saat mudik tidak bisa dihindari atau dihilangkan. Yang perlu dilakukan adalah mengendalikan kemacetan lalu lintas yang terjadi dan fokus pada keselamatan (mengutip Sony Sulaksono Wibowo, 2023)," ujar Djoko Setijowarno yang juga akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)

Dijelaskan Djoko, jalan di Indonesia baik jalan tol maupun arteri bukan dirancang untuk volume lalu lintas seperti lebaran yang volume luar biasa dalam waktu singkat bergerak bersama, sehingga pengendalian dan pengaturan yang perlu dimatangkan (mengutip Resdiansyah, 2023).

Tol Trans-Jawa masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023. Jalur tol tersebut diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang. Namun, pemudik diimbau tidak hanya mengandalkan jalan tol, tetapi memilih jalur-jalur alternatif untuk menekan risiko kemacetan panjang di ruas tol.

Baca Juga: Amankan Jalur Mudik, 1.500 Personel Gabungan Diterjunkan

Demikian hasil Survei Potensi Pergerakan Masyarakat selama masa libur Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan. Survei dilaksanakan secara daring mulai 28 Januari 2023 hingga 18 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Keterangan Pers


Tags

Terkini

x