Memudahkan Shipper dalam Pengiriman dan Efisiensi Biaya Kirim Barang

- 21 Maret 2023, 12:05 WIB
/Istimewa/

KORAN PR - Bermaksud mempermudah pelaku usaha kecil menengah (UKM) atau shipper dalam pengiriman dan efisiensi biaya kirim barang, Ninja Xpress menggunakan mesin dimension weight and scanning (DWS) system.

 

Saat ini, penyedia jasa pengiriman itu menggunakan tidak kurang dari 220 mesin DWS di pusat penyortiran yang ada di tiga besar wilayah asal (origin) pengiriman barang sepanjang 2021, yakni Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Tengah.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menyampaikan, mesin DWS menjamin akurasi berat maupun dimensi paket. "Bersamaan dengan fungsi mesin DWS dalam mengukur berat dan dimensi paket dengan akurat secara otomatis, kami berharap selisih hitungan dengan UKM atau shipper menjadi sangat minimal. Alhasil, proses faktur bisa lebih cepat, kemudian makin mengefisienkan arus kas. Kami menambah lebih dari 200 mesin DWS di antara 2021 dengan 2022. Tujuannya, lebih dapat mengakomodasi kebutuhan volume paket shipper di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera," tutur Andi, Senin, 21 Maret 2023.

Mesin DWS dapat melakukan pengukuran berat dengan akurasi hingga 50 gram dan dimensi hingga akurasi 2 sentimeter. Kapasitas mesin mencapai 50 kg dan dimensi maksimal 70x50x40 cm.

Salah satu keunggulan mesin itu, ucap Andi, fitur kamera 3D yang dapat menangkap ukuran berat, dimensi, dan gambar paket secara bersamaan. Hasil tangkapan fitur kamera 3D masuk ke sistem database melalui pemindaian barcode pada paket. Proses itu menunjukkan bukti autentik.

Untuk kebutuhan pengiriman paket dengan ukuran dan berat yang lebih besar, pihaknya menyediakan teknologi DWS Bulky pada lebih dari sepuluh lokasi di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Hal itu dapat mendukung pengukuran paket yang lebih besar dengan penimbangan yang lebih akurat.

VP of Sort Ninja Xpress Jimmy Haposan menambahkan, DKI Jakarta dan Jawa Barat merupakan dua provinsi yang menjadi fokus pengembangan teknologi DWS Bulky Ninja Xpress. Terdapat kemungkinan, pihaknya memperluas penyediaan teknologi DWS Bulky di provinsi lainnya.

Adapun pemilihan dua lokasi tersebut, ucap dia, dilatarbelakangi atas tingginya potensi perkembangan UKM lokal beserta penggunaan jasa logistik. Bersamaan dengan adanya penambahan mesin DWS Bulky, pihaknya berharap, dapat melakukan penimbangan dan pengukuran lebih dari 99% total paket Ninja Xpress secara akurat.

Halaman:

Editor: Mochammad Iqbal Maulud


Tags

Terkini

x