Iwan Bule : Lokasi Berkumpulnya PKL yang Tertata Baik Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru Seperti di Singapura

- 20 Maret 2023, 19:06 WIB
IWAN Bule saat mengunjungi lokasi PKL yang telah ditertibkan di Jalan Dr Rajiman Kota Bandung pada Senin 20 Maret 2023
IWAN Bule saat mengunjungi lokasi PKL yang telah ditertibkan di Jalan Dr Rajiman Kota Bandung pada Senin 20 Maret 2023 /Istimewa/
KORAN PR - Staf Ahli Wakil Presiden RI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule menghadiri acara peresmian penertiban PKL di Jalan Dr Rajiman, Kota Bandung pada Senin 20 Maret 2023.

 

 
Pada kesempatan tersebut Iwan Bule memuji kawasan itu karena jauh lebih baik dari sebelumnya. Bahkan Iwan Bule menilai, PKL di Kota Bandung ini jika ditata dengan baik justru bisa menjadi pemikat para wisatawan untuk betah berada di Kota Bandung.
 
"Kita ini jangan kalah dengan Singapura yang memiliki pusat jajanan seperti Newton Food Centre. Padahal kita juga punya banyak makanan-makanan daerah yang beraneka ragam. Sudah tentu rasanya juga pasti enak apalagi di Kota Bandung ini," kata Iwan Bule di lokasi.
 
Jajanan jalanan atau yang sering disebut 'street food' ini pun kata Iwan Bule jika dipromosikan dan dilestarikan dengan benar maka bisa menjadi kekayaan tak benda. "Di Bandung misalnya, ada peyeum Bandung, soto bandung, sale pisang dan lainnya," katanya.
 
Apalagi di Jawa Barat lanjut Iwan Bule, kekayaan makanannya juga banyak. Semisal empal gentong, kupat tahu singaparna, burayot, dodol garut dan lain sebagainya. "Jika diwadahi dengan baik di satu tempat yang mumpuni maka dipastikan menjadi objek wisata baru," katanya.
 
Di jalan Dr Rajiman pun lanjut Iwan Bule sebenarnya juga bisa dijadikan tempat wisata jika sudah ditata seperti ini. Terlebih ada pula para penjual hewan peliharaan di tempat yang berada dekat pusat Kota Bandung ini.
 
"Jadi selain sambil jajan makanan, mereka pun bisa melihat hewan peliharaan. Apalagi tren memelihara hewan peliharaan ini semakin hari semakin meningkat. Khususnya memelihara kucing yah. Banyak juga sekarang orang-orang pelihara kucing walaupun memang butuh perawatan ekstra dalam memeliharanya," katanya.
 
Selain itu Iwan Bule pun menilai banyak ruang terbuka di Kota Bandung yang bisa mewadahi PKL untuk mengembangkan usahanya. "Namun dengan catatan PKL harus mau untuk tertib ketika berjualan," katanya.
 
Di sisi lain kata Iwan Bule penertiban dan pengelolaan PKL secara benar merupakan tanggung jawab kita bersama. Tujuannya agar kenyamanan antara pembeli dan penjual menjadi lebih kondusif. 
 
"Jadi selaku Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pekerja dan Pedagang Kaki Lima (APPKL) Bandung, Saya apresiasi pisan inisiatif ini agar berjualannya lebih gemah ripah repeh rapih. Insya Allah maju dan berkembang selalu, para pelaku UMKM Jawa Barat Khususnya Kota Bandung," katanya. 
 
Ketua APPKL Kota Bandung Iwan Suhermawan pun berterima kasih atas kehadiran Iwan Bule pada acara tersebut. Menurut Iwan, kehadiran Iwan Bule ini adalah sebagai bentuk apresiasi rasa hormat kepada para pedagang kaki lima.
 
"Pak Iwan Bule rela datang ke tempat ini. Beliau pun dengan senang hati mengitari lokasi ini dan berbincang langsung dengan para PKL. Ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa dari beliau," katanya.***

Editor: Mochammad Iqbal Maulud


Tags

Terkini

x