Persiapan Angkutan Lebaran, Ada Pemeliharaan Landas Pacu Bandara Halim Perdanakusuma

- 19 Maret 2023, 18:40 WIB
 Bandara Halim Perdanakusuma
Bandara Halim Perdanakusuma /Istimewa

KORAN PR - Jelang masa angkutan lebaran 1444 H, akan dilaksanakan pemeliharaan landas pacu (runway) di Bandara Halim Perdanakusuma sesuai dengan NOTAM A0782/23. Pemeliharaan runway akan dilaksanakan tanggal 22 - 28 Maret 2023 mulai pukul 18.00 - 05.00 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni mengatakan, "Pemeliharaan runway ini dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan penerbangan guna mendukung kelancaran angkutan udara lebaran 1444 Hijriah," katanya di Jakarta, Minggu 19 Maret 2023.

Pemeliharaan runway selama enam hari itu, rencananya akan dilaksanakan tanggal 22 Maret dan diperkirakan akan selesai pada 28 Maret 2023, dengan waktu pelaksanaan mulai pukul 18.00 - 05.00 WIB. Waktu pemeliharaan selama enam hari tersebut akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Pastikan Keselamatan Angkutan Lebaran, Kemenhub Inspeksi 40 Bandara

Waktu pelaksanaan pemeliharaan runway tersebut dikecualikan untuk penerbangan VVIP dan apabila terdapat penerbangan lain yang bersifat mendesak serta untuk dukungan kepada kepentingan negara. Kristi meminta agar dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

"Pemeliharaan runway ini tentunya berdampak pada beberapa penerbangan sehingga diperlukan pengaturan rotasi pesawat dan penanganan pelayanan penumpang yang optimal dan efisien," ucapnya.

Untuk diketahui, Bandara Halim Perdanakusuma tetap melayani penerbangan pada rute yang tidak dilayani dari/ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK) seperti Halim - Malang, Halim - Bengkulu, Halim- Ngloram, serta Halim - Yogyakarta.

Baca Juga: Angkutan Lebaran 2023 Sangat Menantang, Diprediksi 80 Juta Orang Mudik

Untuk rute yang juga dilayani oleh Bandara Soekarno-Hatta maka akan dilakukan mitigasi berupa mekanisme pengajuan extra flight untuk mengakomodir penambahan permintaan yang disebabkan oleh pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x