Riset: Masyarakat Lebih Tertarik Belanja Online untuk Penuhi Kebutuhan Ramadan 2023

- 19 Maret 2023, 11:09 WIB
Ilustrasi belanja online.*
Ilustrasi belanja online.* /Freepik

KORAN PR - Menjelang Ramadan tahun ini dengan situasi yang berbeda, para pemain e-commerce semakin gencar berbenah untuk mempersiapkan program yang matang dengan keunggulan yang ditawarkan.

Melihat hal ini, Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui lebih dalam terkait Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023 selama 3 bulan terakhir.

Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dari usia 20-35 tahun dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Penjualan Daging Sapi dan Bawang Naik Rata-rata Hampir 4 Kali Lipat

"Melalui survei ini, kami ingin melihat perkembangan peta persaingan e-commerce yang semakin menarik menjelang bulan Ramadan 2023, periode dimana aktivitas belanja online cenderung sangat tinggi," kata Astrid Wiliandry, Director Snapcart Indonesia dalam keterangan di Jakarta, Sabtu 18 Maret 2023.

Dia mengatakan, dalam dua tahun terakhir, tren belanja online juga terus berkembang, mulai dari faktor yang dicari saat berbelanja online, pilihan promo yang dimanfaatkan hingga berbagai cara baru atau fitur yang muncul untuk melengkapi pengalaman berbelanja.

Gratis ongkir


Sejak hadir di tengah masyarakat, gratis ongkir (ongkos kirim) kerap menjadi bagian dari strategi para pemain e-commerce untuk menarik minat masyarakat berbelanja online. Kemudahan yang ditawarkan, menarik minat masyarakat yang tinggi, khususnya bagi masyarakat yang berasal dari daerah.

Survei ini mengungkap, dari beragam promo yang ditawarkan e-commerce selama bulan Ramadan, 85 persen responden memilih gratis ongkir sebagai promosi yang paling dicari untuk Ramadan nanti, diikuti dengan voucher diskon atau potongan harga (75 persen), cashback (68 persen), flash sale (65 persen) dan keseruan hadiah (31 persen).

Baca Juga: IHW 2023, Biyantie Fokus Market Ramadan

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

x