Jelang Ramadan, Penjualan Daging Sapi dan Bawang Naik Rata-rata Hampir 4 Kali Lipat

- 17 Maret 2023, 16:55 WIB
Ilustrasi daging sapi.*
Ilustrasi daging sapi.* /mdjaff/Freepik

KORAN PR - Menjelang Ramadan, masyarakat semakin antusias membeli sejumlah kebutuhan Ramadan. Peningkatan pembelian terjadi pada sejumlah bahan makanan dan minuman yang identik dengan bulan Ramadan.

“Hal ini dibuktikan dari data internal Tokopedia bahwa menjelang Ramadan 2023, ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) sebesar lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak dalam siaran pers, Jumat 17 Maret 2023.

Menurut dia, sepekan menjelang Ramadan ini, kategori Makanan dan minuman, fesyen, otomotif, rumah tangga dan kesehatan menjadi sejumlah kategori paling dicari melalui Tokopedia. Dia menyebutkan, komoditas seperti kurma, madu, dan sirup menjadi makanan/minuman yang penjualannya melesat menjelang Ramadan.

Nuraini menambahkan bahwa pada periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris.

“Dari data Tokopedia, memperlihatkan bahwa kurma, madu dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar 3 kali lipat," ucapnya.

Tak hanya itu, peningkatan penjualan juga terjadi pada komoditas daging sapi xan bawang. Keduanya tercatat mengalami peningkatan penjualan rata-rata hampir 4 kali lipat.

Masyarakat, lanjut Nuraini, juga mulai mempersiapkan sejumlah kebutuhan ibadah. "Fesyen muslim menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu,” kata Nuraini

Untuk kebutuhan mudik, masyarakat juga mulai mempersiapkan kendaraan. “Beberapa produk paling laris pada kategori otomotif di Tokopedia jelang Ramadan 2023, yaitu aksesori body motor, lampu motor/mobil, oli motor, jas hujan, radiator dan komponen mobil,” tambah Nuraini.

Inisiatif hyperlocal yang diterapkan Tokopedia juga mempu meningkatkan pembeli dan penjual di berbagai daerah.

Halaman:

Editor: Kismi Dwi Astuti

Sumber: Rilis


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x